Trik Jalankan Aplikasi Via DOSBOX Dengan Cepat

Dos Box adalah Software yang dapat membantu menjalankan software software lama yang tampilannya masih MS-DOS gitu lah. Dos Box mensimulasikan MS DOS environment di versi terbaru Windows seperti Windows 7,XP,Vista.
Terkadang saat membuka aplikasi dengan Dosbox kita diwajibkan mengetikkan perintah mount kemudian berpindah folder dsb, Menyebalkan bukan. Lebih menyebalkannya lagi hal itu dilakukan secara terus menerus, dan konyolnya lagi kalian tetap melakukannya.
Mulai sekarang, setelah kalian membaca tulisan saya ini, kalian tidak perlu melakukan serangkaian hal-hal yang menyebalkan itu. Jadi untuk menghentikan kebiasaan itu saya punya dua metode, yaitu metode Shortcut dan metode Dos Box option.

Pertama, saya ingin membahas tentang metode shortcut.
untuk menjalankan aplikasi Dosnya menggunakan Shortcut kalian perlu membuat shortcut software dosbox terlebih dahulu.


Nah kemudian buka properties shortcut tersebut, setelah terbuka kemudian tambahkan path software yang ingin kalian jalankan di belakang kalimat.

Setelah kalian melakukan hal tersebut cobalah untuk double click software tersebut dan lihat hasilnya.

Kedua, metode yang kedua ini nggak sesimple metode yang pertama dan tidak seefisien metode yang pertama.
Caranya begini : bukalah Dosbox Option di Start Menu


Kemudian cari tulisan [autoexec], setelah ketemu isikan perintah perintah mount dan perintah2 yang perlu contohnya seperti ini :
saya ingin menjalankan aplikasi prolog yang ada di C:\tp

Jika kalian sudah menambahkan perintah tersebut maka, setiap kali kalian membuka software DosBox kalian akan langsung menuju software yang kalian masukkan dalam pengaturan tersebut.

Perbedaan dari kedua metode tersebut adalah metode shortcut bisa menjalankan 1 software kalian dengan 1 shortcut sedangkan metode Dosbox option hanya bisa menjalankan 1 software dengan satu kumpulan script yang kalian sudah tulis di Dos Box Option.

Sekian Terimakasih .

Post a Comment